bagaimana pengelolaan kekayaan alam yang terkandung di wilayah negara indonesia

bagaimana pengelolaan kekayaan alam yang terkandung di wilayah negara indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan yang harus di jawab dengan benar dan tepat, ini adalah pertanyaanya ” bagaimana pengelolaan kekayaan alam yang terkandung di wilayah negara indonesia “?

Jawaban

Apa itu kekayaan alam

Di kutip dari situs wikipedia, sumber kaya alam atau bisa disebut juga dengan sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Mengkutip dari situs lemhannas, Sumber Kekayaan Alam (SKA)/Sumber Daya Alam (SDA), adalah semua kekayaan berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Manfaat sumber kaya alam

Sumber energi dan bahan bakar, misalnya minyak bumi. Pembangkit listrik, misalnya minyak bumi dan sinar matahari. Memenuhi kebutuhan manusia dan hewan, misalnya hewan dan tumbuhan. Untuk tempat tinggal, misalnya pepohonan.

Sumber daya alam ada berapa?

Secara umum, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu biotik/hayati dan abiotik/non-hayati. Beberapa contoh SDA biotik yaitu tumbuhan, hewan dan mikroorganisme. Sedangkan contoh SDA abiotik seperti air, logam, sinar matahari, tanah, batuan, minyak bumi dan semisalnya.

bagaimana pengelolaan kekayaan alam yang terkandung di wilayah negara indonesia

Pengeloaan kekayaan alam sudah diatur dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 3 yaitu bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.