Kali ini SolusiSip.com hadir dengan tips yang paling ditunggu tahun ini yaitu cara membersihkan toren air dengan sitrun. Sebelum kami bahas langkah-langkahnya dalam membersihkan toren terlebih dulu kita simak alasan kenapa sitrun mempunyai kemampuan daya bersih yang luar biasa.

Oiya, bagi kamu yang tidak tahu apa itu toren, kami jelaskan sedikit disini bahwa toren adalah tempat penampungan air. Ada sebagian orang yang menyebut toren sebagai tandon air. Biasanya toren terbuat dari fiber glass, stainless steel, dan polyethylene dan dipasang diatas bangunan. Jadi kalau air dari PDAM atau air tanah yang dipompa disimpan dulu dalam tandon air tersebut dan bila kamu membutuhkan air, tidak perlu lagi untuk menyalakan pompa air.

membersihkan toren sitrun

Nah, sebagai tempat penyimpanan air, toren seringkali kotor. Apalagi jika digunakan untuk menampung air tanah yang membawa banyak endapan dan juga mikroorganisme sehingga akan membuat toren menjadi semakin cepat kotor atau berlumut. Toren yang lama dibiarkan kotor, maka akan semakin sulit untuk membersihkannya karena endapan tersebut akan semakin mengeras didinding bagian dalam toren tersebut.

Ada banyak cara membersihkan tandon air, salah satunya yaitu dengan menggunakan sitrun. Sitrun dipilih karena murah, mudah ditemukan di toko-toko terdekat, tidak berbahaya dan tidak merusak tandon. Sitrun sendiri sebenarnya adalah citric acid atau asam sitrat yang merupakan asam lemah. Berbeda dengan larutan HCL dan Asam Sulfat yang merupakan asam kuat yang akan sedikit demi sedikit mengikis dinding toren yang terbuat dari fiber glass atau polyethylene. Harga sitrun hanya Rp 2000 untuk kemasan 50 gram.

sitrun
sitrun

Cara Membersihkan Toren dengan Sitrun

  1. Beli sitrun di warung terdekat atau beli di marketplace online.
  2. Pakailah sarung tangan terbuat dari karet atau plastik karena sitrun bersifat korosif
  3. Gunakan ember kecil untuk melarutkan sitrun dengan sedikit air
  4. Kuras toren yang akan dibersihkan
  5. Guyur permukaan dalam toren dengan larutan sitrun sampai merata
  6. Biarkan selama 15 menit untuk memastikan kotoran terlarut oleh sitrun
  7. Sikat toren dengan menggunakan sikat kamar mandi
  8. Bilan toren dengan air bersih

Demikianlah cara membersihkan toren dengan sitrun semoga bisa bermanfaat bagi sobat yang ingin mendapatkan torennya kembali bersih bersinar. Jika sobat masih binggung atau mau berbagi pengalamannya dalam membersihkan toren, silahkan tulis di kolom komentar dibawah ya.

 

Tag

  • Cara membersihkan toren air dengan sitrun
  • cara membersihkan toren dengan Citrun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *