Sebelum kita membahas tentang perbedaan krim temulawak asli dan palsu, terlebih dulu yuk kita review sekilas tentang temulawak atau ada juga yang menulisnya secara terpisah temu lawak. Menurut Wikipedia, nama Temulawak sendiri berasal dari bahasa Jawa, sedangkan nama ilmiahnya adalah Curcuma zanthorrhiza. Temulawak merupakan tanaman asli dari Indonesia, tepatnya dari pulau Jawa kemudian menyebar kebeberapa wilayah disekitar kepulauan nusantara hingga ke Malaysia, Thailand, dan Filipina bahkan hingga ke China dan beberapa negara Eropa.

Penyebutan Temulawak dibeberapa wilayah berbeda-beda, di daerah Sunda menyebutnya dengan nama koneng gede sedangkan di Madura disebut temu labak. Temulawak seringkali diolah sebagai minuman herbal yang mengandung banyak sekali manfaat bagi tubuh. Hingga pada beberapa tahun belakangan ini, muncul produk kosmetik krim temulawak yang dipergunakan untuk merawat kulit.

Dengan mudah, kamu bisa menemukan krim temulawak di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dll. Namun, sebagai custome tentu kita perlu tetap waspada agar terhindar dari produk krim temulawak yang palsu. Yuk simak cara membedakan krim Temulawak Asli dan Palsu dengan mudah berikut ini:
krim temulawak asli

Perbedaan Krim Temulawak Asli dan Palsu

1. Warna Kemasan Cream Temulawak.
Kemasan box krim Temulawak asli berwarna kuning cerah, sedangkan yang palsu berwarna kuning kecokelatan atau tidak cerah.

2. Hologram Kemasan
Yang pertama, pastikan stiker hologram pada box masih utuh atau tidak terlihat pernah dibuka. Kemudian, untuk stiker hologram krim temulawak yang asli berwarna berwarna emas,dan terdapat gambar bintang dan ada tulisan “Temulawak” serta “Super” sedangkan yang palsu berwarna ungu dan bertuliskan “Original”.

3. Krim Temulawak yang Asli Produk Dari Malaysia
Walaupun Temulawak adalah tanaman asli Indonesia, sayangnya untuk krim Temulawak diproduksi oleh perusahaan yang ada di Malaysia. Ini terlihat di bawah produk tertera ijin atau nomor registrasi MAL03040088K.

4. Tutup Transparan
Ketika botol dibuka, maka krim Temulawak yang asli memiliki tutup transparan bergambar bintang 3 buah, sedangkan yang palsu bergambar 1 bintang.

5. Tekstur Krim
Krim temulawak yang asli berwarna mengkilat dan agak berminyak, sedangkan yang palsu memiliki tekstur kasar dan cerah.

Demikianlah ulasan tentang cara membedakan krim Temulawak yang asli dan palsu, semoga dapat membantu para pembaca terhindar dari produk yang palsu.