Cara Memasang Gas Elpiji Yang Benar

SolusiSip.com kali ini akan memberikan tips yang kelihatannya remeh temeh tapi sebetulnya sangat bermanfaat bagi rumah tangga atau kamu yang hendak masak menggunakan gas. Apalagi buat pasangan muda yang baru menikah, yang sebelumnya belum pernah disuruh oleh emaknya untuk memasang gas elpiji dan akhirnya harus melakukan sendiri di rumah barunya maka tips ini pastinya bisa membantu sobat untuk memasang regulator tabung gas elpiji sehingga bisa menyalakan api kompor untuk memasak.

Di pasaran, tersedia berbagai ukuran tabung gas elpiji yaitu 3 kg, 5 kg, dan 12 kg. Ketiga jenis ukuran ini hampir sama cara pemasangannya, yakni dengan cara memasukkan regulator secara vertikal atau ditekan. Selain itu ada tipe tabung yang lain seperti contohnya merk Blue Gaz dimana cara pemasangannya agak berbeda yaitu dengan diulir atau diputar.

Ok deh tanpa panjang lebar lagi, berikut langkah-langkah dalam memasang tabung gas LPG.

Cara Memasang Gas Elpiji Yang Benar

1. Pastikan ujung regulator dalam keadaan baik

Regulator yang rusak seringkali menjadi penyebab terjadinya kebocoran gas, untuk itu cek lagi apakah regulator tidak rusak dan terbebas dari karat dan pakailah regulator LPG yang berlogo SNI sehingga kualitasnya terjamin.

2. Pastikan selang gas dan sambungannya tidak bocor

Selang gas yang bocor biasanya karena gigitan tikus atau lapuk karena termakan usia. Untuk itu, gunakan selang yang masih bagus dan cek lagi sambungan antara selang dan kompor masih dalam keadaan rapat.

3. Matikan kompor

Hal ini mendasar sekali, karena begitu regulator tersambung dengan tabung elpiji dan tombol kompor dalam posisi menyala maka gas akan keluar dari kompor sehingga rawan terjadinya kebakaran.

4. Pastikan karet atau seal di tabung masih bagus

Seal atau karet yang ada di tabung gas berfungsi mencegah terjadinya kebocoran gas. Seiring waktu, karet ini akan getas dan menjadi tidak berfungsi lagi sebagai seal. Untuk itu, cek apakah karet yang ada masih bagus dan kenyal.

5. Pasang regulator selang ke tabung gas

Untuk tabung gas ukuran 3 kg, 5 kg dan 12 kg, regulatornya dipasang dengan ditekan kemudian, knob yang ada di regulator diputar searah jarum jam. Pastikan knob ini terkunci sempurna.

6. Pastikan tidak ada bunyi mendesis

Tes paling mudah untuk mengecek ada tidaknya kebocoran gas yaitu adanya bunyi mendesis yang keluar, selain itu timbul bau menyengat. Jika hal ini terjadi, segera cabung regulator selang dan ulangi proses diatas. Jangan sekali-kali untuk mengorek tabung gas dengan bendat tajam seperti pisau karena akan menyebabkan karet robek  atau dapat menimbulkan percikan api.

7. Coba nyalakan kompor

Setelah tidak ada bunyi mendesis dan tidak ada bau, silahkan nyalakan kompor. Jika tabung gas elpiji terpasang dengan benar, maka kompor akan menyala dengan baik.

Demikianlah tips cara memasang gas elpiji dengan benar semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *