Septic Tank Tanpa Lubang Udara – Semenjak video viral beberapa waktu yang lalu tentang peristiwa memilukan yang menjadi sorotan nasional yaitu meledaknya tempat penampungan limbah kotoran manusia atau biasa disebut juga dengan septic tank hingga timbul korban jiwa dari kejadian tersebut seakan membuat semua orang tersadar akan septic tank di rumah mereka masing-masing. Pertanyaan timbul di dalam diri mereka apakah selama ini septic tank yang mereka miliki sudah sesuai dengan standar pembuatan septic tank. Bahkan tidak sedikit yang melakukan riset kecil-kecilan mengenai desain septic tank. Karena selama ini sebagian besar dari kita sedikit acuh tentang bagian rumah yang tidak nampak tapi mempunyai fungsi vital ini.

Secara tidak sadar kita menggunakan septic tank setiap hari ketika kita menyiram ampas sisa-sisa pencernaan. Seakan kita tidak mau berpikir kemana mereka ini pergi. Rasa khawatir menyelinap ketika tersadar bahkan selama ini septic tanknya tanpa lubang udara. Lalu apakah fungsi dari lubang udara di septic tank?

Untuk mempunyai gambaran tentang proses yang terjadi di septic tank, berikut adalah desain umum yang banyak dipakai di tempat tinggal kita.

Dari desain diatas terlihat ada 2 ruang, yaitu ruang untuk menampung limbah padat yang terhubung dengan saluran overflow ke ruang kedua untuk menampung limbah cair.

Dimensi septic tank (minimal)

Kedalaman: 1,5 m
Lebar : 1 m
Panjang : 1 m
Perhatikan dari gambar diatas nampak lubang udara yang berfungsi untuk mengalirkan gas hasil proses penguraian limbah oleh bakteri. Salah satu gas yang dihasilkan oleh bakteri ini adalah metana dan sulfur. Kedua gas ini cukup flammable artinya ketika terdapat oksigen yang cukup dan adanya percikan api, maka dengan mudah akan tersulut dan timbul ledakan.
Septic tank yang tidak dilengkapi dengan lubang udara akan membuat gas tersebut tidak bisa dilepaskan ke udara bebas dan semakin lama tekanan dalam septic tank akan semakin besar dan jika dinding atas septic tank tidak mampu menahan tekanan dari dalam maka akan menyebabkan terjadinya ledakan seperti video yang viral tersebut. Atau gas tersebut akan membuat mampet sehingga ketika sobat BAB dan menyiramnya tidak akan bisa karena tekanan dalam septic tank yang tinggi.
Untuk itu ada baiknya jika sobat tanah air mengecek kembali desain septic tank dirumah jangan sampai lubang udaranya tersumbat atau tertutup.